Lokakarya Daur Subur di Padang Sibusuk

poster

Padang Sibusuk adalah salah satu nagari di Kabupaten Sijunjung, yang beberapa tahun terakhir belakangan mengalami sejumlah perubahan dalam bidang pertanian. Persoalan tersebut antara lain, banyaknya alih fungsi lahan pertanian menjadi area pertambangan emas. Hal ini dilatari oleh sejumlah soal, baik itu keinginan masyarakat sendiri, pendidikan, infrastruktur pendukung pertanian, dan kebudayaan agraria itu sendiri. Menarik untuk melihat lebih jauh persoalan ini sebagai bagian dari studi perkembangan budaya agraria terkini di Padang Sibusuk.

Melalui lokakarya kali ini, Gubuak Kopi bersama komunitas lokal PKAN Padang Sibusuk, mengajak para partisipan yang terdiri dari beragam latar belakang pendidikan dan komunitas, untuk terlibat membaca situasi lingkungan dan kebudayaan pertanian di Padang Sibusuk, Kabupaten Sijunjung, secara khusus, dan di Sumatera Barat, secara umum. Mengembangkan praktek media dalam mengarsipkan, memetakan, dan mendistribusikan pengetahuan bermuatan lokal, serta berkolaborasi bersama warga dalam memproduksi seni multimedia, dengan pertanian dan lingkungan hidup sebagai objek isunya. Hasil dari lokakarya ini nantinya akan dipresentasikan dalam betuk pertunjukan dan pameran multimedia. Selain itu, hasil dari lokakarya yang terdiri dari teks, sketsa, dan foto akan didokumentasikan dalam bentuk buku.

7 – 18 Januari 2018

Pusat lokakarya: Kantor PKAN Padang Sibusuk


Fasilitator: Albert Rahman Putra, Delva Rahman, Muhammad Riski, Volta Ahmad Jonneva, Zekalver Muharam

Partisipan/kolaborator: M. Yunus Hidayat (Takasiboe, Solok Selatan), Ade Mukhlas (KSSL, Solok Selatan), Zaki Aziz (Walhi Sumatera Barat), Fani Rovika (Walhi Sumatera Barat), Fadlan Fahrozi (PKAN Padang Sibusuk), Yovi Fardhilas (PKAN Padang Sibusuk), Miftahul Rizki (PKAN Padang Sibusuk), Zeki (PKAN Padang Sibusuk), Budi Santoso (PKAN Padang Sibusuk), Hafizan (Padang)

Materi diskusi dan kuliah umum:

  • Literasi Media (Albert Rahman Putra)
  • Merebut teknologi melalui aksi kesenian (Volta Ahmad Jonneva)
  • Kultur Daur Subur: Memetakan Isu Pertanian Melalui Platform Multimedia (Muhammad Risky)
  • Sejarah Singkat dan Sosio-kultural Padang Sibusuk (Fadlan Fahrozi)
  • Situasi dan kasus-kasus lingkungan hidup di Sumatera Barat (Fani Rovika)

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Gubuak Kopi dan PKAN Padang Sibusuk.

 


Daur Subur adalah sebuah paltform yang digagas oleh Gubuak Kopi dalam mengarsipkan dan memetakan kultur pertanian di Sumatera Barat melalui pendidikan media berbasis komunitas. Kegiatan ini digagas pada tahun 2017, melibatkan sejumlah partisipan dari beragam disiplin dan  komunitas. Para partisipan yang terlibat diajak untuk mengikuti lokakarya dan memproduksi karya teks, gambar, dan audio visual.


 

Gubuak Kopi 

Lembaga Pengembangan Pengetahuan Seni dan Media Gubuak Kopi, atau lebih dikenal dengan nama Komunitas Gubuak Kopi adalah sebuah kelompok studi budaya nirlaba yang berbasis di Solok, berdiri sejak tahun 2011. Komunitas ini berfokus pada penelitian dan pengembangan pengetahuan seni dan media berbasis komunitas di lingkup lokal kota Solok, Sumatera Barat. Gubuak Kopi memproduksi dan mendistribusikan pengetahuan literasi media melalui kegiatan-kegiatan kreatif, mengorganisir kolaborasi antara profesional (seniman, penulis, dan peneliti) dan warga secara partisipatif, mengembangkan media lokal dan sistem pengarsipan, serta membangun ruang alternatif bagi pengembangan kesadaran kebudayaan di tingkat lokal.

http://www.gubuakkopi.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s